Berita

Menu Simple Tanpa Repot untuk Sahur

Rabu, 14 April 2021 - 11:11
Menu Simple Tanpa Repot untuk Sahur Contoh masakan tumis tahu kecambah. (Foto: indozone.id)

TIMES KLATEN, JAKARTA – Memasuki bulan Ramadan, jangan sampai kita melewatkan sahur. Mungkin beberapa orang kuat menjalani puasa tanpa sahur. Akan tetapi konon katanya hal ini tidak baik untuk kesehatan terutama yang memiliki penyakit lambung. Hal-hal yang baisanya membuat seseorang tidak sahur salah satunya adalah tidak ingin repot atau mingkin lupa bangun. Maka disarankan untuk membuat makanan simple disajikan saat sahur. Berikut beberapa menu simple untuk sahur yang dapat dicoba:

Ayam Goreng Tepung

Ayam goreng tepung memerlukan beberapa potong ayam, tepung sajiku atau sesuai selera. Cukup dengan memanaskan minyak goreng sembari melumuri ayam dengan tepung basah kemudian tepung kering. Lalu goreng hingga kecoklatan. Ayam goreng tepung siap disajikan. 

Bayam

Makanan berkuah dan sehat ini memerlukan bayam, bawang putih, bawang merah, kunci dan sedikit garam. Hanya dengan memotong bawang putih, merah dan kunci kemudian dipanaskan bersama dalam air. Ketika bau bawang putih dan lain-lain tersebut keluar, maka tinggal memasukan bayam dan memanaskan beberapa menit saja. Bayam siap disajikan. 

Tumis tahu kecambah

Membuat tumis tidak ada patokan yang khusus dan pakem. Hidangan ini dibuat biasanya sesuai selera. Bahan untuk membuat tumis tahu adalah tahu, kecambah, bawang putih, cabai besar, bawang merah, dan saori. Panaskan minyak secukupnya saja, lalu tumis bawang putih, cabai, juga bawang merah sampai harum. Kemudian masukkan tahu serta kecambahnya. Sembari diaduk, masukkan saori saus tiram hingga mengenai semua olahan diwajan. Setelah matang, hidangkan diatas piring datar. 

Sayur Sup

Meski sayur sup banyak isiannya, akan tetapi merupakan masakan basah yang cukup simple. Tidak memerlukan resep yang paten juga, sayur sup dapat ditambahkan wortel, seledri, makaroni, sosis, kentang, bawang putih, merah, dan merica. Atau sesuai selera. Setelah memotong-potong bahan tersebut, pertama harus memasak terlebjh dahulu kentang, wortel, juga makaroni hingga melunak. Kemudian diikuti sosis dan merica kurang lebih 10 menit. Lalu masukan bawang putih, merah, dan merica secukupnya dan garam jika diperlukan dan apabila menggunakan bumbu instan juga dipersilahkan. Kemudian, masak hingga wangi. Setelah itu, sup siap dihidangkan. 

Inilah beberapa kurang lebih resep yang dapat dicoba untuk sahur. Tanpa perlu repot dan lumayan sederhana untuk dicoba.(*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Klaten just now

Welcome to TIMES Klaten

TIMES Klaten is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.